Menulis adalah kegiatan yang masih digandrungi banyak orang. Apalagi para pelajar yang masih menggeluti dunia pendidikannya. Sejak kecil kita diajarkan untuk menulis dengan tangan menggunaka alat tulis. Namun seiring dengan perkembanga zaman kegiatan menulis bisa dilakukan dengan mudah menggunakan komputer. Lalu apa saja sih bedanya keuntungan menulis tangan maupun mengetik di papan keyboard?. Pelototin terus yah guys. 

Keuntungan menulis tangan; 

  1. Membantu Mempercepat Proses Penyembuhan
www.retreatsinsedona.com

Menuliskan apa yang anda pikirkan dan rasakan pasca kejadian traumatis dapat membantu penyembuhan fisik dan psikologis lebih cepat. Menulis dapat memberikan kesan yang lebih dalam ketimbang menjabarkannya dihadapan orang lain yang jelas-jelas belum tentu ingin mendengar curahan hati Anda. 

  1. Meningkatkan Optimisme
www.kevinlucius.com
Menulis adalah kegiatan yang mengkombinasikan unsur rasa, fakta dan sugesti ~Menurut Ane.  Apabila Anda memulai kegiatan ini maka secara otomatis Anda mensugesti diri Anda sendiri. Sebuah studi pada tahun 2008 menjelaskan bahwa para pasien penderita kanker yang menyisihkan waktu 20 menit untuk menulis apa yang sudah dialami sepanjang hari lebih tegar dan kuat ketimbang para pasien yang tidak pernah melakukannya. Mereka dengan sabar menghadapi kondisi mereka. Bahkan beberapa diantaranya lebih cepat pulih.

  1. Menulis Itu Ibarat Latihan Bersyukur yang Membuat Anda Lebih Bahagia Menjalani Hidup
www.i.huffpost.com

Sekelompok peneliti dari University Of California Davis dari University Of Miami melaporkan bahwa responden yang menulis seminggu sekali selama dua bulan tampak lebih optimis dan bahagia. Kebanyakan dari kita juga pernah menuliskan ucapan rasa syukur lalu cukup menuangkannya diatas secarik kertas. Keinginan serta harapan yang gamblang membuat Anda bisa memutar waktu merasakan sensasi pengalaman ketika menulisnya dulu. Perasaanpun ikut terhanyut ketika Anda membacanya kembali. Anda pun pasti bisa mengkalkulasi kejadian masa lalu dan kejadian masa kini dan itu membuat Anda lebih bersyukur menjalani hidup. 

  1. Membuat Tidur Anda Nyenyak
www.chrysaliskinesiology.com

Menuangkan ide atau semua fenomena peristiwa yang telah terjadi 15 menit sebelum tidur membuat tidur Anda lelap dan lebih lama. Ketika bangun pagi pun Anda akan merasa lebih segar dari biasanya.  Beban dihati atau bisa disebut juga uneg-uneg yang Anda lampiaskan pada secarik kertas membuat perasaan Anda lebih lega. Menulis pada malam hari sebelum tidur membantu penyembuhan fisik serta memperbaiki suasana hati.

  1. Menulis Tangan Lebih Mengedepankan Kualitas Tulisan
www.kompasiana.com

Anda pasti sudah tahu dan mungkin juga pernah melakukan bahwa menulis itu lebih mudah dikerjakan pada papan keyboard. Anggapan seperti itu memang tidak salah. Namun bagi penulis pemula kecepatan adalah hal yang sangat diutamakan ketimbang yang lain. Kita tahu bahwa papan keyboard itu memiliki tombol yang sangat banyak dan siap ditekan kapan saja. Tetapi bagi penulis pemula itu cukup sulit. Pengetikan yang lambat membuat waktu dan ide yang terencanakan terbuang begitu saja. Ide dan pikiran selalu melesat cepat duluan. Tentunya menatap layar terlalu lama hanya karena menunggu ide-ide itu kembali datang hanya berakibat buruk pada kesehatan mata Anda. 
Dan solusinya adalah dengan menulis tangan. Selain penambahan kata apabila terdapat kalimat yang kurang pas, Menulis tangan dapat memberikan gambaran abstrak namun gamblang ketika diolah kembali. Dan pada akhirnya tulisan Anda lebih berkualitas tentunya.

Lalu apa sih keuntungan menulis menggunakan papan keyboard?

  1. Lebih Mudah di Edit
www.milliontonnechallenge.com

Anda semua pasti sudah tahu bahwa menulis dengan mengetik membuat proses penuangan ide menjadi lebih mudah, cepat dan ringkas. Selain itu menulis menggunakan keyboard  dapat memudahkan Anda menghapus kalimat yang kurang efektif dengan mudah. Hanya dengan menekan tombol Backspace atau Delete pada keyboard. Ini jauh lebih efisien daripada Anda menutupinya dengan coretan abstrak diatas kertas.

  1. Tulisan Digital Lebih Mudah Dibagikan
www.dailygenius.com

Curhat atau ide yang tiba-tiba datang tentu tidak anda biarkan sia-sia begitu saja. Penggunan situs jejaring sosial seperti Facebook berdampak sangat positif bagi penggunanya seperti  dapat menumpahkan uneg-uneg   yang tiba-tiba datang. Dan sebagian pengguna social media melakukan hal seperti itu. Selain dapat dilihat banyak orang. Tulisan Anda tidak akan tenggelam ditinggal masa. Anda dapat membukanya sewaktu-waktu atau bahkan berulangkali. 

  1. Melatih Kecepatan Tangan
www.i.ytimg.com

Penulisan pada komputer membutuhkan alat input yang dinamakan keyboard. Banyak sekali manfaat yang terkandung didalamnya. Anda yang masih pemula ataupun sudah mahir sekalipun pasti ingin lebih cepat menghabiskan materi penulisan secara efisien diatas papan keyboard. Kebiasaan menulis pada papan keyboard dapat melatih kecepatan anda dalam proses pengetikan. Anda dapat melatih kecepatan tangan Anda dalam mengetik secara akurat dengan menggunakan software khusus. Tentu Anda sangat ingin lihay memainkan jari Anda menari-nari diatas papan keyboard bukan?. 

  1. Waktu yang Terbuang Lebih Efisien
www.innerengineering.com

Ini sangat berlaku bagi penulis yang sudah mahir mengolah kalimatnya diatas papan keyboard. Penggunaan papan keyboard jauh lebih unggul dibanding menggoreskan kata pada kertas buku yang sewaktu-waktu robek dan hilang. Penulisan digital juga mempunyai ruang penyimpanan yang cukup luas sehingga Anda bisa menyimpannya dimana saja. Anda juga dapat membagikan serta menyimpannya otomatis dimana saja seperti pada Facebook, Twitter, Blogger, Wordpress atau forum-forum diskusi lain. 

  1. Menutupi Tulisan Tangan yang Jelek
www.inovasee.com

Anda pasti sudah tahu banyak kalangan muda yang masih konsisten menulis namun terlihat seperti mencorat-coret buku. Menulis pada papan keyboard dapat melumpuhkan kalimat yang disebut 'Tulisan Jelek'  . Anda lebih mudah mengubah jenis Fonts yang cocok dengan tulisan  Anda tanpa ada kecacatan sedikitpun. Sebagian besar perusahaan pun menganjurkan para pelamar kerja untuk  menulis  menggunakan komputer. Anda yang dilahirkan mentok menulis hanya itu-itu aja bisa diatasi menggunakan komputer. Tampilan visualnya pun memanjakan mata daripada melototi tulisan tangan pada kertas yang tidak bisa dibaca. 




Pada akhirnya kegiatan menulis tangan dengan menulis menggunakan papan keyboard tetaplah sama yaitu mencurahkan ide, gagasan, atau perasaan dalam hati melalui media. Semua ide yang Anda miliki tetaplah menjadi ide yang terkurung jika Anda tidak merealisasikannya pada sebuah media. Namun yang terpenting adalah beda alat beda rasa tentunya. 

Komentar bila berkenan.

Sumber refrensi; www.kaskus.co.id/2014 dengan sedikit penambahan.

Terimakasih buat Melael, aktivis kaskus yang menjadi inspirator tulisan ini. 

0 komentar: